Header Ads

Resep masakan Tumis Tauge Ikan Asin khas Malaysia


Foodies, masakan tumis adalah masakan yang dibuat dengan cara digoreng & diberi sedikit air, supaya ketika sudah matang ada sedikit kuah kental didalamnya. Masakan tumis sangat populer baik di Indonesia maupun di beberapa daerah lain di Asia seperti Malaysia, Singapore & Thailand, tentunya dengan sebutan nama yang berbeda-beda. Nah, kalo tumis yang mau diulik kali ini mirip dengan tauge goreng, yaitu tumis tauge ikan asin khas Malaysia, karena cara membuatnya tergolong sangat sederhana & bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan, maka gak heran kalo makanan ini cukup populer di Malaysia. Ya dah, langsung aja yuk kita eksekusi resepnya :

Bahan & bumbu :
- 250 gr tauge, bersihkan
- 100 gr ikan asin
- 1 siung bawang bombay, potong halus
- 3 siung bawang putih, potong halus
- 2 buah cabai merah, potong miring sesuai selera
- 3 buah cabe rawit, potong kecil-kecil
- 1 buah tomat, potong sesuai selera
- bubuk lada secukupnya
- penyedap rasa secukupnya
- daun sop/daun seledri/daun bawang secukupnya, cincang
- kecap manis secukupnya
- minyak goreng secukupnya, untuk menumis
- bawang goreng secukupnya, untuk ditabur

Cara membuat :
- panaskan minyak secukupnya, masukkan bawang merah bawang putih, cabe merah, tomat & cabe rawit, lalu tumis hingga wangi, aduk sampai rata, masukkan juga bubuk lada & penyedap rasa.
- kecilkan api, masukkan ikan asin, tauge & daun sop yang sudah dicincang, aduk hingga merata, tambahkan kecap manis secukupnya, tunggu hingga matang, lalu matikan apinya.
- taburi sedikit bawang goreng, hidangkan panas-panas

Nah foodies, tu tadi cara bikin tumis tauge ikan asin khas Malaysia yang gurih, pedes & asin, dijamin nagih deh. Mau resep masakan khas Malaysia yang gak kalah nagih? Tunggu habis ini ya…

No comments

Powered by Blogger.