Header Ads

Resep masakan Pacrih Mangga khas Brunei


Foodies, pacrih adalah salah satu masakan khas Brunei yang mirip seperti kari, pacrih rasanya pedas karena menggunakan bumbu kari & beberapa rempah lainnya. Seperti kari, pacrih juga biasanya menggunakan daging sebagai bahan utamanya, namun pacrih yang satu ini anti mainstream, karena menggunakan mangga. Pacrih mangga khas Brunei ini tercipta karena pada zaman dulu masyarakat Brunei tidak mampu untuk beli lauk-lauk yang mahal, jadi apa yang ada dimasak seadanya. Jadi bila musim mangga, maka akan dimasak pacrih mangga, karena menggunakan mangga, maka rasanya jadi manis-manis pedes, kalo mangganya asem, rasanya juga asem-asem pedes, pacri mangga khas Brunei biasa dijadikan lauk. Selain mangga, buah lainpun bisa dibuat pacrih, misalnya nanas, foodies kepo pengen tau rasanya? Langsung aja dieksekusi resepnya berikut ini :

Bahan-bahan
* 6 buah mangga yang telah matang, potong sesuai selera
* 6 sendok makan bubuk kari.
* 4 siung bawang merah
* 4 siung bawang putih
* 3 buah kepala rempah/buah pala
* kayu manis secukupnya
* bunga lawang/kembang lawang/pekak secukupnya
* buah pelaga/kapulaga secukupnya
* 3-4 sendok kerisik (kelapa yang diparut, digoreng tanpa minyak kemudian dihaluskan)
* 3-4 lembar daun kari/daun salam koja
* minyak secukupnya
* garam secukupnya
* gula secukupnya

Cara membuat :
* panaskan minyak, tumis sebentar semua bumbu, bila sudah wangi, masukkan bubuk kari yang sudah dilarutkan, lalu tumis hingga air kering & keluar minyak, serta kari berubah warna jadi lebih gelap sedikit, 
* masukkan mangga & sedikit air hingga mendidih, kemudian masukkan kerisik, biarkan hingga kuahnya agak kental sedikit. 
* cicipi dulu, kemudian baru masukkan garam & gula secukupnya, gula tidak perlu banyak karena mangga sendiri sudah manis. 
* siap dihidangkan dengan nasi panas. 

Tips : Santan juga boleh digunakan sedikit untuk mengentalkan kuahnya, namun dengan menggunakan kerisik saja sudah cukup untuk mengentalkan kuahnya.

Yups foodies, tu tadi proses memasak pacrih mangga khas Brunei yang unik tapi mantab rasanya. Setelah ini akan hadir barisan resep masakan khas Brunei yang lain.

No comments

Powered by Blogger.